Thursday, June 5, 2014

Peluang Bisnis Properti 2014

Skipnesia.com (Bisnis) - Mungkin Anda bertanya apakah bisnis properti masih ada peluang dijalankan untuk era modern sekarang ini? Jawabannya adalah “YA” dalam huruf besar. Bisnis properti benar-benar berpeluang untuk mendapatkan uang dalam jumlah banyak dengan cara yang benar. Dibandingkan bisnis lain, memang bisnis properti keuntungannya yang paling besar, jadi Anda tidak mengandalkan omzet lagi. Namun pastinya tidak semudah membalikkan telapak tangan, karena modal yang harus dikeluarkan juga besar. Jika Anda belum mempunyai modal yang mencukupi, alangkah baiknya Anda sambil menabung juga menghadirkan investor untuk turut mau membantu Anda menanamkan modal atau istilah umumnya disebut dengan berinvestasi.

Contoh nyata bagaimana raihan sukses seseorang dalam menjalankan usaha properti adalah Agung Podomoro Group yang bisa dikatakan sebagai perusahaan pengembang properti terbesar di negara kita. Sebelumnya, mungkin Anda juga pernah bukan mendengar nama perusahaan yang satu ini di salah satu stasiun televisi nasional? Ya, dari sisi ini juga Anda dapat menyimpulkan bahwa prinsip sukses adalah setelah berhasil mencoba lebih berhasil lagi dengan mengiklankan usahanya kepada masyarakat agar usahanya terus melaju dengan kencang. Bagaimanapun juga, kesuksesan seseorang saat ini adalah berkat perjuangan kerasnya di masa lalu. Dan apa yang kita lakukan saat ini adalah masa depan yang mungkin akan kita dapatkan, jadi kerja keras merupakan kunci utama kesuksesan dalam meraih semua hal.

Mengapa bisnis properti selalu berkembang?
Mungkin Anda penasaran, terutama bagi yang pertama kali memutuskan apakah ingin masuk dan memanfaatkan sebuah peluang bisnis properti atau tidak. Sebenarnya jawabannya simpel, Anda tentu tahu setiap orang akan membutuhkan tempat tinggal. Sementara, jumlah kelahiran lebih banyak dibandingkan jumlah kematian. Anda dapat melihat surveynya. Jadi, bagi negara berkembang contohnya negara Indonesia, nilai properti selalu naik dari waktu ke waktu. Apalagi untuk daerah perkotaan. Tidak hanya perkotaan, pada daerah kecamatan pun harga tanah juga naik, apalagi jika terdapat properti yang dibangun di atasnya.

Bisnis Properti

Berbicara mengenai tipe rumah yang populer saat ini, mulai dari type 36/42/72 yang paling diminati adalah rumah dengan desain minimalis yang didepan rumahnya terdapat sebuah garasi, untuk keperluan peyimnpanan mobil. Selain itu, mungkin rumah yang di depannya juga terdapat halaman yang cantik akan menambah daya tarik rumah tersebut, jadi sebetulnya untuk menjalankan usaha mengenai properti ini tidak mudah, Anda perlu juga untuk kreatif dan mengikuti perkembangan properti yang ada saat ini.


Peluang Bisnis Properti


Itulah sebabnya orang-orang sekarang banyak yang melakukan jual beli rumah (properti) mereka. Biasanya mereka membeli yang harga murah, kemudian menunggu waktu, lalu jika harga tanah sudah naik, sebab sebuah properti pasti dibangun di atas sebidang tanah, kemudian pemilik properti tersebut akan merenovasi rumah itu lalu menjualnya kembali dengan harga yang terbaru, yang tentunya lebih tinggi. Ini disebut sebagai investasi, dan Anda akan mendapatkan keuntungan dari selisih harganya. Tidak tanggung-tanggung, selisih harganya terkadang bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Mungkin itulah penyebab mengapa kini semakin marak orang berinvestasi  dan menyemarakkan peluang di bidang properti, karena memang untungnya sangat besar. Namun, tentunya hal ini juga bisa diperoleh dengan kerja keras, bukan hanya asal investasi saja. Bayangkan, jika Anda telah berinvestasi milyaran Rupiah untuk membangun bisnis properti, namun pada akhirnya gagal karena salah dalam pemilihan tempat, desain rumah yang kurang menarik, dan promosi yang tidak tertarget, tentunya akan sangat merugikan.

Jadi, sebelum menjajakan kaki Anda di usaha properti atau rumahan ini, ada baiknya Anda mempelajari terlebih dahulu cara atau strategi orang yang telah berhasil dalam berbisnis properti, selain itu Anda juga bisa menimba ilmu ke mereka yang telah sukses, atau membaca buku yang bertemakan bisnis properti. Tentunya kesuksesan berawal dari kerja keras Anda sebelumnya, jadi bukan hanya modal besar saja yang dibutuhkan dalam usaha properti ini, kecerdikan, dan usaha yang besar juga mutlak diperlukan.

Tips Usaha Bisnis Properti
  • Anda harus mempunyai channel, jadi Anda dapat menawarkan properti kepada orang yang tepat, dalam hal ini orang yang memang mempunyai anggaran untuk membeli properti tersebut.
  • Anda harus mengetahui harga terbaru atau terkini dari properti.
  • Anda juga harus mempunyai keahlian untuk menemukan daerah atau lingkungan yang tepat dengan fasilitas yang cukup juga.
  • Milikilah daftar listing properti yang sangat menarik yang bisa Anda pertimbangkan.
  • Anda harus melihat prospek % tingkat kenaikan dari harga properti pada daerah yang hendak Anda beli tersebut.
  • Pertimbangkan keuntungan yang akan Anda dapatkan, yang dimana modal harus lebih kecil dibanding dengan penghasilan, namun harus tetap mengutamakan kualitas.
  • Memasarkannya bisnis rumahan Anda ini melalui internet. Mengapa? Karena hampir semua orang kini menggunakan internet dan juga promosi di internet lebih murah dan efisien. Selain itu jangkauan pasar di internet lebih luas, alias bisa seluruh Indonesia. 
  • Meyakinkan investor. Investor adalah orang yang mempunyai pengaruh besar bagi perkembangan usaha properti kita. Caranya adalah Anda harus sejelas-jelasnya memberikan informasi terkait apa yang Anda inginkan, selain itu Anda juga dituntut untuk cerdas dalam mengembangkan bisnis ini supaya investor yang Anda lirik merasa yakin.
  • Jangan lupa menabung. Sebagian penghasilan Anda saat ini ada baiknya untuk ditabung, hal ini dilakukan jika mungkin suatu saat Anda kekurangan modal untuk membangun usaha ini, atau sebagai antisipasi jika Anda nantinya mungkin mengalami kemunduran usaha. Namun pastinya rasa optimis harus selalu ditanamkan pada lubuk hati yang terdalam, demi mencapai kesuksesan sebuah bisnis.
Tentunya, semua kemampuan di atas akan susah bagi Anda yang baru pertama kali memulai mencoba peruntungan pada bidang jual beli properti. Tetapi, jika Anda sudah pernah melakukan transaksi, maka untuk ke depannya Anda akan semakin berpengalaman, dan Anda akan lebih terbiasa serta hafal mengenai tips-tips di atas tersebut untuk dipraktekkan, jadi tidak hanya teori saja.

Cara belajar terjun dalam bisnis bagian properti salah satunya adalah jika Anda baru pertama kali, maka Anda bisa mencoba belajar dengan bekerja pada agen real estate yang sudah berdiri dan berpengalaman. Disana Anda akan diajarkan berbagai ilmu dari senior Anda dan perusahaan. Dan, jika Anda sudah merasa cukup banyak channel, dan bisa melakukan sendiri, Anda bisa mencoba untuk mandiri.

Setelah menyimak ulasan peluang usaha bisnis properti 2014 ini. Apakah Anda tertarik dan siap untuk terjun ke dunia bisnis yang sedang populer ini? Jangan lupa untuk menjalankan tips yang telah Skipnesia.com berikan untuk Anda. Persiapkan mental dengan baik, dan pastinya juga doa yang paling utama dan yang terakhir adalah partner yang bisa Anda ajak untuk bekerjasama menyukseskan projek properti ini. Selamat mencoba dunia baru usaha Anda ini, semoga sukses.

Peluang Bisnis Properti 2014 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nurazizah Zaenudin
 

Top