Saturday, January 9, 2016

Contoh Teks Eksplanasi Terbaru Yang Baik

Skipnesia.com (Contoh) - Sudah tahukah Anda pengertian teks eksplanasi? Apabila belum tahu, silahkan ikuti penjabarannya berikut ini. Teks eksplanasi adalah sebuah teks yang menjelaskan proses sesuatu ataupun terbentuknya fenomena alam ataupun sosial, seperti bencana gempa bumi, gunung meletus, tentang banjir, tanah longsor, dan lain-lain. Ada juga yang membahas tentang sejarah, listrik, ataupun PLTA. Di dalam teks eksplanasi terdapat beberapa bagian yang membangunnya, mulai dari pernyataan umum atau pembukaan, lalu deret penjelas atau isi, dan bagian penutup atau interpretasi. Untuk lebih lengkapnya, silahkan perhatikan beberapa faktor yang menjadikan sebuah teks bisa disebut sebagai teks eksplanasi kompleks yang baik dan benar tentang banjir.

Baca Juga : Contoh CV Riwayat Hidup

Contoh Teks Eksplanasi
Contoh Teks Eksplanasi

Ciri-ciri Teks Eksplanasi

  • Fokus pada hal umum dan bukan partisipan manusia, misalnya gempa bumi, longsor, gunung meletus, banjir, dan hujan.
  • Memungkinkan untuk menggunakan istilah yang ilmiah.
  • Memakai konjungsi waktu, misalnya jika, apabila, sehingga, pertama, sebelum, dan kemudian.
  • Menggunakan bahasa yang ringkas dan jelas.

Bagian-bagian Teks Eksplanasi

A. Pernyataan Umum/Pembukaan
Merupakan bagian yang berisi satu statemen umum tentang topik yang dibicarakan, yang akan dijelaskan proses keberadaannya, proses terjadinya, proses terbentuknya, dan lain sebagainya. Selain itu, di bagian pernyataan umum harus bersifat ringkas, menarik, dan jelas, yang mampu membangkitkan minat pembaca untuk membaca teks tersebut secara detail.

B. Deret Penjelas/Isi
Berisikan tentang detail penjelasan proses keberadaan, proses terjadinya. Sangat relatif untuk menjawab pertanyaan ‘bagaimana’, yang jawabannya berupa statemen atau yang jawabannya berupa pernyataan. Dimungkinkan mengingat proses perlu dijelaskan bertahap, pertama, kedua, ketiga, dsb. atau pertama, berikutnya, terakhir.

C. Penutup/Interpretasi
Merupakan bagian yang menyatakan sebuah kesimpulan atau pernyataan tentang topik atau proses peristiwa yang telah dijelaskan.

Baca Juga : Contoh Pidato

Contoh Teks Eksplanasi



         Sampah adalah sebuah benda ataupun barang yang tidak digunakan lagi oleh seseorang, yang keberadaannya sangat mengganggu kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di sekitar. Sampah itu sendiri dibagi menjadi dua jenis, dilihat dari sifatnya yaitu sampah organik dan juga sampah anorganik. Sampah organik adalah jenis sampah yang lebih mudah untuk membusuk seperti sisa makanan, daun-daun kering, sayuran, dan lain sebagainya. Sampah jenis ini bisa diolah secara lebih lanjut menjadi kompos. Sedangkan sampah anorganik adalah sampah yang sulit untuk membusuk, seperti kertas, plastik wadah pembungkus makanan, plastik mainan, botol dan gelas minuman, kayu, dan lain-lain.

        Saat ini sampah merupakan suatu fenomena yang kerap kita temukan di lingkungan masyarakat dan sudah menjadi hal lumrah apabila kita menemukan banyak sampai di jalan raya. Sampah pada awalnya terlihat biasa berserakan di sekitar kita, namun banyak dampak atau akibat negatif yang ditimbulkan jika sampah dibiarkan secara terus-menerus dalam waktu yang lama. Beberapa dampak atau akibat yang ditimbulkan oleh sampah antara lain adalah penyakit, banjir dan juga longsor. Sampah yang dibiarkan menumpuk akan mendatangkan bau tidak sedap sehingga mencemari udara sehingga dihinggapi lalat, kemudian muncullah organisme-organisme yang tidak diinginkan yang selanjutnya mendatangkan penyakit, seperti DBD.

         Sesudah sampah mendatangkan berbagai penyakit bagi tubuh, sampah bisa juga mendatangkan bencana yang lebih besar yaitu banjir. Tentunya satu hal yang mengerikan bukan? Sampah yang dibuang ke sungai oleh warga secara rutin, akan membuat air sungai sulit untuk mengalir karena banyaknya sampah, dan lama-kelamaan air sungai akhirnya meluap seiring hujan lebat yang terus mengguyur tempat tersebut. Apabila sudah terjadi banjir, tentunya menyulitkan manusia untuk beraktivitas terutama bekerja. Selain itu, di daerah yang tanahnya miring akan terjadilah longsor.

         Dampak yang dihasilkan oleh sampah tadi sangatlah banyak, oleh sebab itu kita sebagai makhluk sosial yang tinggal di bumi ini dan yang menginginkan kesejahteraan marilah kita menjaga lingkungan kita, dimulai dari diri sendiri dengan membuang sampah pada tempatnya. Sampah organik yang kita buang pada tempatnya, dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan kompos, sementara sampah anorganik dapat dijual ke pasaran kemudian diolah kembali menjadi baran berguna. Itulah Contoh Teks Eksplanasi Terbaru yang biasanya bersifat ilmiah dari Skipnesia.com yang semoga bisa menjadi pembelajaran bermanfaat bagi Anda untuk menambah pengetahuan atau wawasan.

Contoh Teks Eksplanasi Terbaru Yang Baik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nurazizah Zaenudin
 

Top