2 Contoh Teks Eksposisi Lengkap

Post a Comment

 Contoh teks eksposisi beserta struktur bisa kamu lihat di sini! Ketika sedang mengobrol bersama teman atau orang lain, seringkali kita memberikan pendapat tentang suatu hal. Nah, tahukah kamu jika pendapat tersebut tergolong dalam teks eksposisi? Lalu apa itu teks eksposisi?

Teks eksposisi merupakan teks yang berisi mengenai kumpulan penjelasan dari informasi yang sedang terjadi. Tema dari teks ini biasanya tidak jauh-jauh dari masalah Kesehatan, ekonomi, hingga lingkungan. Tujuan dari penulisan teks ini yaitu menjelaskan mengenai hal tertentu, yang di dalamnya terdiri dari berbagai ragam informasi berdasarkan fakta. Jadi melalui tulisan yang dibaca, pembaca akan disuguhkan pembahasan dari sudut pandang yang berbeda.





Contoh Teks Eksposisi Beserta Struktur

Untuk menghasilkan teks eksposisi, penulis membutuhkan tiga struktur agar lebih memperjelas tulisan. Apa saja itu? Yuk disimak!

3 Struktur teks eksposisi

1) Tesis (Pernyataan umum)

Bagian awal yaitu tesis. Tesis berisikan tentang perkenalan terhadap isu, ide utama, permasalahan, dan sudut pandang dari penulis. Jadi saat hendak membuat tulisan eksposisi, pastikan dahulu kamu melihat serta mengetahui tujuan teks tersebut ditulis. Nantinya melalui tesis, pembaca bisa mengetahui maksud dan tujuan penulis.

2) Argumentasi

Bagian selanjutnya yaitu argumentasi. Bagian ini berisikan tentang fakta maupun pendapat yang nantinya akan menjawab pernyataan dari tesis yang telah dibuat. Oleh karenanya, carilah fakta-fakta dari sumber yang benar-benar terpercaya, seperti buku ataupun penelitian. Jangan sampai fakta yang dibuat memakai fakta yang asal.

3) Reorientasi (Penegasan Ulang)

Bagian terakhir yaitu reorientasi. Setelah sang penulis mengutarakan isu yang telah didukung oleh pendapat yang pas dengan fakta, selanjutnya ditutup dengan kesimpulan. Tujuan dari reorientasi yaitu guna menegaskan pendapat awal serta menyajikan saran dan kesimpulan pada permasalahan yang dibahas.

Contoh tulisan eksposisi

Tema: Metode Belajar

Sebaiknya metode belajar dengan sistem satu arah mulai perlahan ditinggalkan. Sebagai gantinya, para murid bisa diberikan sistem pembelajaran dua arah karena dinilai lebih mudah diterima.

Ketika guru hendak menerangkan dan menjelaskan pelajaran, namun tidak mengajak para muridnya untuk berinteraksi maka suasana kelas terasa membosankan. Justru akan lebih efektif jika guru melibatkan siswanya dalam membahas pelajaran. Sementara untuk siswanya akan merasa dihargai, serta mereka bisa belajar menyuarakan pendapat.

Dalam metode dua arah, guru bisa mengajak para murid melakukan diskusi. Sedangkan metode satu arah dianggap tidak efektif dan sudah kuno. Dengan menerapkan belajar dua arah, siswa akan lebih berkembang ke depannya.

Tema: Demokrasi

Demokrasi adalah system dari pemerintahan di mana, seluruh rakyat memiliki persamaan hak dalam mengambil keputusan. Istilah yang dicetuskan sejak abad 16 di Yunani ini memiliki tujuan untuk menghapus sistem monarki. Saat ini demokrasi sudah mulai dikenal di seluruh dunia. Terlebih lagi banyak negara yang menerapkan sistem demokrasi ini.

Dahulu sistem monarki adalah sistem paling banyak dipakai, di mana raja adalah yang memimpin jalannya pemerintahan. Konsep ini nyatanya sangat berbeda dengan demokrasi. Sering kali raja kepemimpinan raja dianggap kurang manusiawi dan bersifat otoriter.

Dari kondisi tersebut, menimbulkan rasa tidak puas hingga perlawanan di kalangan masyarakat. Mereka pun akhirnya bersatu padu melakukan berbagai upaya agar rajanya segera turun tahta. Perlawanan tersebut justru mengakibatkan perang bahkan kematian. Sesudah raja turun tahta, selanjutnya diadakan pemilihan baru yang dikerjakan oleh semua rakyat. Peristiwa tersebutlah membuat sistem demokrasi tercetus.

Sistem demokrasi dinilai sebagai sistem pemerintahan yang cukup baik diaplikasikan dalam sebuah negara. Namun, jika tidak diterapkan dengan kaidah-kaidah yang berlaku, bukan tidak mungkin system ini akan memunculkan perpecahan.

Sekian beberapa contoh teks eksposisi beserta struktur. Setelah membaca pembahasan di atas, diharapkan dapat membantumu dalam menyusun teks eksposisi. Selamat mencoba untuk anda yang ingin mebuat tek eksposisi.


Related Posts

Post a Comment