Contoh Teks Eksplanasi Lengkap Beserta Penjelasan

Contoh Teks Eksplanasi Lengkap Beserta Penjelasan semuanya ada dalam artikel ini.

Contoh teks eksplanasi lengkap bisa kamu baca pada artikel ini! Di lingkungan sekitar kita, sering kali berbagai peristiwa alam hingga sosial terjadi berulang kali. Peristiwa ini kadang menimbulkan berbagai macam pertanyaan dalam pikiran kita. Sehingga kita perlu adanya informasi untuk memastikan dan memahaminya.

Terdapat satu jenis tulisan yang bisa membantumu menjawab pertanyaan yang terlintas di pikiran, yakni teks eksplanasi. Jenis teks ini merupakan tulisan yang isinya tentang menjelaskan peristiwa-peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitar. Adapun tujuan dari dibuatnya teks eksplanasi yaitu agar para pembacanya bisa paham secara jelas dan detail mengenai peristiwa yang sedang terjadi.





Jenis dan Contoh Teks Eksplanasi Lengkap


Tulisan eksplanasi sendiri terdiri dari 4 jenis dan mempunyai karakteristik berbeda, di antaranya:

1. Eksplanasi Teoritis

Eksplanasi jenis ini menggambarkan berbagai spekulasi terkait terjadinya peristiwa alam. Contohnya teks eksplanasi mengenai gunung yang Meletus. Maka akan dijelaskan juga mengenai dampaknya yang nantinya bisa saja menimbulkan bencana yang akan lebih seram.

2. Eksplanasi Kausal

Sementara eksplanasi kausal merupakan jenis tulisan yang bisa ditemukan dengan mudah. Di dalamnya membahas tentang penyebab terjadinya fenomena tersebut. Penyebabnya pun dituliskan secara satu per satu. Misalnya sedang membahas tentang tanah longsor. Maka setiap paragrafnya akan membahas secara rinci bagaimana longsor bisa terjadi.

3. Eksplanasi Faktorial

Selanjutnya yaitu jenis teks eksplanasi faktorial. Dari tulisan ini kamu akan diberikan penjabaran secara rinci yang menjelaskan akibat serta efek dari suatu proses yang tengah berlangsung. Misalnya yaitu tulisan eksplanasi tentang hasil dan efek apa saja yang ditimbulkan dari adanya revolusi industri di benua Eropa.

4. Eksplanasi Sequential

Terakhir ada eksplanasi sequential, yang merupakan jenis eksplanasi yang pembahasan peristiwanya ditulis secara tahap demi tahap dan runtut. Biasanya jenis ini dipakai untuk menulis teks dengan tema biologi. Contohnya menjelaskan tentang urutan perkembangbiakan ulat menjadi kupu-kupu. Pastinya penjelasan tersebut harus rinci serta tidak boleh tertinggal sedikit pun.

Contoh tulisan eksplanasi yang tepat

Tema: gempa bumi

Gempa bumi adalah salah satu jenis peristiwa alam yang diakibatkan oleh adanya lempeng di permukaan dasar bumi yang bergeser. Peristiwa alam satu ini seringkali terjadi di wilayah-wilayah pegunungan. Misalnya di dekat wilayah gunung berapi yang masih aktif. Tidak hanya diakibatkan oleh lempeng bumi yang berubah posisinya, gempa bumi juga dapat disebabkan oleh gunung berapi yang meletus.

Biasanya waktu untuk terjadinya gempa bumi terbilang cukup cepat. Apabila telah terjadi, nantinya masyarakat sekitar akan menerima dampak yang bisa terbilang sangat besar. Ketika gempa terjadi akan disertai getaran yang dinamakan getaran seismic. Getaran satu ini dinilai sangat dahsyat karena dapat meluluhlantakkan semua bangunan ataupun objek di muka bumi.

Gempa bumi sendiri terdiri dari tiga jenis yakni gempa tektonik, gempa vulkanik, dan gempa terban. Keduanya dibedakan berdasarkan penyebab terjadinya gempa. Gempa vulkanik adalah peristiwa alam yang terjadi karena adanya letusan gunung berapi. Letusan ini akan mengguncang wilayah sekitar dengan skala yang sangat besar. 

Gempa tektonik merupakan gempa yang terjadi karena pergerakan lapisan lempeng bumi. Pergerakan ini terjadi karena energi pada zona penunjaman terlepas. Kekuatan yang dihasilkan pun akan sangat dahsyat. Biasanya jenis gempa ini lebih sering terjadi dibandingkan gempa vulkanik.

Sementara itu, gempa terban atau reruntuhan diakibatkan oleh gua yang runtuh, tanah longsor, dan semacamnya. Beda dengan dua jenis gempa sebelumnya yang dampaknya cukup besar. Dampak dari gempa ini tergolong kecil dan jangkauan wilayahnya pun lebih sempit.

Demikian penjelasan mengenai pengertian, jenis, hingga contoh teks eksplanasi lengkap. Sebagai tulisan yang menjelaskan suatu peristiwa, teks satu ini sangat penting untuk dipahami. Semoga bermanfaat.

LihatTutupKomentar