Cara Membuat Makalah Yang Baik Lengkap

Cara Membuat Makalah Yang Baik Lengkap dapat anda coba ketahui di artikel ini.

 


Makalah merupakan suatu karya akademis yang berbentuk seperti jurnal ilmiah dengan membahas suatu pokok permasalahan tertentu. Pada dasarnya makalah biasa menjadi tugas bagi para siswa di sekolah dan juga bagi mahasiswa di perguruan tinggi atau universitas. Kesulitan dalam Cara Membuat Makalah tidak hanya pada penyusunannya namun juga Anda harus memperhatikan beberapa hal tertentu seperti ukuran kertas, ukuran font hingga penyusunan terstruktur yang sistematis. 

Menanggapi hal tersebut maka anda disini haruslah membuat makalah secara baik dan benar, sehingga makalah tersebut bisa diterima oleh para pembaca dan juga dari segi isinya pun mempunyai kualitas yang bagus. Jadi para prinsipnya makalah menjadi bentuk terkecil dari suatu penulisan karya ilmiah namun sangat berbeda bila dibandingkan dengan skripsi. Nah, beberapa hal yang harus benar-benar diperhatikan yaitu sebagai berikut untuk anda ketahui.


Cara Membuat Makalah


1. Cover

Cover yang baik terdiri dari judul makalah, tujuan dibuatnya makalah, logo lembaga, penulis atau pemakalah yang mengajukan makalah itu, nama lembaga dan tahun akademik pembuatanya.

 

2. Judul Makalah

Untuk penulisan judul hanya disertai dengan nama penulis atau pembuat makalah saja. Jadi tidak ada unsur lain ataupun bila pembuatanya tanpa nama juga tidak masalah.

 

3. Kata Pengantar 

Kata pengantar isinya paling tidak meliputi salah pembuka, mukadimmah, sekilas menengenai pembuatan makalah, ucapan terima kasih kepada pihak – pihak terkait yang membantu dalam penyelesaian makalah, penutupan mukadimmah, salam penutup dan yang terakhir adalah tanggal dibuat serat nama penyusunya.

 

4. Daftar Isi

Cara Membuat Makalah Bahasa Indonesia selanjutnya adalah memperhatikan daftar isi dimana tujuan utamanya adalah untuk mempermudah pembaca dalam mencari isi materi yang ada.

 

5. Bab 1 (Pendahuluan)

Pada bab ini anda minimal harus merumuskan konsep, rencana, gagasan, hingga tujuan suatu permasalah dalam kerangka Latar Belakang. Kemudian adanya Rumusan Masalah untuk materi dan isi dari makalah tersebut.


6. Bab 2 (Isi)

Bagian berikutnya dalam membuat makalah sederhana yang baik adalag Bab Isi, yakni bab yang terdiri dari pengertian, ulasan materi, adanya beberapa perbandingan (jika diperlukan), dan penyelesaian masalah yang berisis tentang solusi serta kontribusi terhadap permasalah yang anda bahas dalam makalah.


7. Bab 3 (Penutup)

Khusus pada Bab penutup anda memberikan uraian kesimpulan dahulu dari suatu pembahasan makalah yang bersumber dari bab 1 dan bab 2. Kemudian juga menjabarkan secara terperinci beberapa kelebihan, kekurangan, perhitungan sistematis dari hasil kesimpulan tersebut. Pada penulisan akhir sebaiknya ada kritik dan saran yang ditujukan untuk keperluan pembuatan makalah – makalah selanjutnya.

 

8. Daftar Pustaka

Merupakan elemen terakhir yang ada dalam sebuah makalah. Berisi tentang sumber – sumber dimana anda mengambil referensi dari penyusunan makalah. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penulisanya meliputi tata cara penulisan nama, jabatan, tahun terbit, gelar, judul, tempat diterbitkan agar menjelaskan secara detail daftar pustakanya.



Kesimpulan


Beberapa Cara Membuat Makalah sederhana Bahasa Indonesia yang dimana anda wajib memperhatikan 8 elemen agar makalah anda lengkap dan tidak ada kekurangan apapun. Saran juga bahwa anda bisa melihat contoh – contoh makalah dari orang lain agar ketika dalam penyusunan suatu makalah bisa sistematis dan tentunya tertata dengan baik. Semoga bermanfaat untuk keperluan tugas anda.

Kami harap anda bisa terbantu dengan adanya makalah yang bisa dibuat, tak ada salahnya untuk mencoba hal tersebut untuk anda ketahui. Cobalah untuk anda share artikel ini. Agar orang orang yang lain tahu dengan artikel ini.

LihatTutupKomentar