Cara Membuat Generator Listrik

Cara Membuat Generator Listrik lengkap bisa anda coba ketahui

 


Membuat generator sederhana lebih mudah daripada yang mungkin dipikirkan oleh tukang rata-rata. Seorang penghobi yang ambisius dapat membuat generator yang berfungsi sempurna dari logam biasa dan beberapa magnet, tetapi cara termudah untuk sebagian besar adalah dengan menyelamatkan dan menggunakan kembali motor listrik atau alternator dari mobil bekas atau peralatan rumah tangga. Dengan menggunakan motor listrik yang diselamatkan, Anda dapat menciptakan energi yang cukup dari sumber terbarukan untuk berkontribusi atau bahkan sepenuhnya memenuhi kebutuhan listrik rumah Anda. 

Generator sederhana dapat menghasilkan daya menggunakan sumber gerakan putar apa pun, dari kincir angin hingga piston panas bumi. Terlepas dari lokasi Anda, kemungkinan akan ada sumber energi pasif yang dapat dimanfaatkan.

Temukan sumber peralatan dan/atau kendaraan bekas terdekat di mana Anda kemungkinan akan menyelamatkan motor atau mesin listrik. Motor mesin cuci, motor pengering, dan alternator mobil adalah pilihan terbaik Anda. Anda bahkan dapat membuat kipas langit-langit atau generator kipas listrik jika Anda menemukan motor yang tepat. Untuk motor skala kecil, Anda dapat memeriksa mobil remote control yang rusak dan mainan bermotor anak-anak lainnya. Bawalah multimeter Anda, dan kit kunci pas dan obeng Anda. Anda juga memerlukan pemotong kawat untuk mengekstrak motor yang disolder pada tempatnya.

Lepaskan casing perangkat yang Anda coba ekstrak motornya. Lepaskan kulit terluar perangkat dan cari motor dengan senter. Jika Anda tidak terbiasa dengan perangkat listrik, lihat beberapa gambar motor listrik untuk membantu mengidentifikasi bagiannya. Secara umum, sebuah motor dapat diidentifikasi dengan fakta bahwa motor itu akan memiliki dua kabel yang mengarah ke sana, sasis berbentuk silinder kasar dan poros penggerak yang menggerakkan bagian lain. Setelah Anda mengidentifikasi bagiannya, Anda harus melepaskan braket pemasangan yang menahan unit di tempatnya. Tergantung pada jenis pengencang yang digunakan, Anda mungkin juga harus menggunakan kunci pas untuk mengendurkan beberapa baut. Kabel daya akan disolder atau disekrup ke perangkat; bagaimanapun, panjang kawat ekstra akan membantu, jadi gunakan pemotong kawat Anda untuk memotong kabel, ambil panjang kawat maksimum yang mungkin. Dalam kebanyakan kasus, poros penggerak akan terlepas begitu saja dengan menggerakkan motor dari posisinya. Kembali ke toko Anda setelah Anda mengumpulkan beberapa unit.

Jepit drive shaft dengan Vise-Grip kecil. Buat sambungan yang baik sehingga Anda dapat memutar poros penggerak dengan cepat dan mudah dengan tangan Anda. Jepit badan utama motor ke meja kerja Anda, dengan poros penggerak yang dijepit menjorok ke tepi bangku. Lepaskan kawat dengan pemotong kawat, berhati-hatilah agar tidak memotong kawat di bawah lapisan plastik; tarik kembali dengan kuat ketika Anda telah memotong lapisan kabel untuk mengekspos satu inci dari ujung setiap kabel.

Atur multimeter Anda ke mode uji tegangan. Saat memutar poros penggerak dengan tangan, pasang probe multimeter pada kabel positif dan negatif motor. Jika Anda tidak dapat menentukan mana yang positif dan mana yang negatif, jangan khawatir: beberapa multimeter akan dapat menentukannya sendiri. Jika Anda tidak bisa, Anda hanya akan diperlihatkan “tegangan negatif dalam kesalahan” saat Anda memutar motor/generator. Karena Andalah yang menerapkan kerja (dengan memutar poros penggerak), motor kemudian akan menghasilkan medan magnet dan arus, menjadi generator sebagai gantinya. Jika motor dalam kondisi kerja, multimeter Anda harus menunjukkan tegangan. So, itulah tadi referensi yang bisa kami sampaikan hari ini.

LihatTutupKomentar