Contoh Teks Deskripsi Beserta Contohnya

Contoh Teks Deskripsi Beserta Contohnya kami ulas disini.

Descriptive text atau teks deksriptif adalah teks yang menggambarkan atau menjabarkan sesuatu yang bertuan agar para pembaca seolah-olah ikut mengamati lewat panca inderanya. Hal-hal yang dideskripsikan pun sangat beragam,, mulai dari sifat, bentuk, karakteristik, suasana, rasa, dan lainnya. Pada penulisan contoh descriptive text, seorang penulis hatus mampu memberikan kesan yang dapat membuat pembaca seolah-seolah ikut mengalami dan merasakannya.

Baik untuk novel,penulis atau mungkin untuk pelajaran bahasa Indonesia. Anda sedang mencari referensi tentang contoh teks deskripsi. Dalam artikel ini, kami akan membagikannya dengan mudah, agar anda bisa memahami tentang teks deskripsi yang seharusnya memang perlu anda ketahui tentunya. Berikut ini contoh contohnya yang bisa anda coba pahami.


Jenis-jenis descriptive text dan contohnya


Contoh Teks Deskripsi


1. Teks deskripsi spasial

Merupakan teks yang dibuat berdasarkan pada ruang dan waktu yakni suatu teks yang menjelaskan ruangan dari berbagai sudut pandang serta penjelasan yang lengkap tentang Keadaan ruangan tersebut. Selain itu dalam teks deskripsi spasial juga dapat ditambahkan dengan gambaran apa saja yang terdapat pada ruangan tersebut secara detail dan spesifik

Contoh teks deskripsi spasial

Ruang tidur yang memiliki ukuran 8x9 ini memang sangat nyaman ditempati. Di bagian dindingnya dicat dengan warna merah disertai beberapa stiker dinding yang bertema bunga-bunga.  Kursi berwarna hitam diletakkan di bagian sisi kiri ruangan serta lampu hias yang terdapat di salah satu sisinya. Di bagian sisi kiri kamar tidur terdapat TV LED 36 inchi yang diletakkan di atas rak berbahan dasar kayu jati. Di atas TV juga terdapat DVD player, playstation, hingga pengeras suara dan di bagian sudut rak diletakkan  pula hiasan bunga yang membuatnya terlihat semakin manis.

2. Teks deskripsi objektif

Sesuai dengan namanya, teks deskripsi ini adalah teks berisi gambaran tentang sesuatu yang dijabarkan secara objektif atau apa adanya. Dalam menulis teks ini kamu tidak perlu lagi menambahkan pendapat atau opini pribadi yang sifatnya melengkapi teks ini agar menjadi lebih komplit.

Contoh teks deskripsi objektif

Candi Borobudur merupakan salah satu candi tertua yang ada di Indonesia letaknya berada di Magelang Jawa Tengah. Candi Borobudur sendiri merupakan salah satu  candi peninggalan kerajaan Budha yang menjadi situs purbakala Indonesia. Tak kurang dari 500 Arca Buddha dan lebih dari 2000 panel relief menghiasi dinding-dinding Candi tersebut.saat ini ini Candi Borobudur telah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu dari tujuh keajaiban yang ada di dunia 

3.Teks deskripsi subjektif

merupakan kebalikan dari teks deskripsi objektif. Dalam contoh descriptive text ini penulis justru harus memberikan opini berupa tentang gambaran keadaan yang sesuai dengan apa yang akan dilihat dan dirasakan. sehingga penulis  sangat diperbolehkan untuk memberikan pendapat pribadi secara detail untuk menjelaskan sesuatu yang dituliskan tersebut.

Contoh teks deskripsi subjektif

Ibu Yuni merupakan guru bahasa Inggris favoritku di sekolah. Biasanya ibu menggunakan kacamata berbentuk bulat hitam yang panjang diikat rapi sebagai guru bahasa Inggris . Beliau selalu mengajarkan secara jelas dan detail agar anak-anak dapat memahami pelajaran tersebut dengan baik.


Kesimpulan

Dari 3 contoh deskripsi diatas tadi beserta contoh, manakah yang menurut anda sangat amat bagus dan juga membantu anda dalam mendapatkan informasi terbaik? kami harap dapat membantu anda dalam mendapatkan berbagai macam hal yang ada. So, apabila anda sedang mencari referensi tentang contoh teks deskripsi beserta contohnya. Kami sudah ulas sebaik mungkin dengan cara membagikannya dalam artikel menarik ini tentunya. Share apabila memang bermanfaat untuk anda semua ya!

LihatTutupKomentar