Cara Memperbaiki HP Vivo Bootloop

Cara memperbaiki hp Vivo bootloop yang tidak tepat bisa berakibat ponsel menjadi semakin rusak parah, bahkan bisa mati total juga lo guys.

Cara memperbaiki HP Vivo bootloop yang tidak tepat dapat berakibat ponsel menjadi semakin rusak parah, bahkan bisa mati total juga lo guys. Apabila hal itu sampai terjadi, maka endingnya kamu akan menyesal. Maka itulah, jangan sembarangan membaca atau memutar konten tutorial ya, apalagi ini soal HP Vivo bootloop. Salah sedikit saja, maka bisa memperparah kondisi kerusakan dari smartphone tersebut.

Untungnya saya sudah menguji instruksi cara memperbaiki hp Vivo bootloop yang sudah tercantum di bawah, akibatnya kamu bisa merasa lebih tenang bahkan nyaman tanpa khawatir akan masalah bootloop lagi maupun matot (mati total).


"Bootloop", sebenarnya kendala umum yang kerap menimpa pemilik smartphone. Gambaran bootloop sendiri adalah ponsel bisa menyala, tetapi hanya stop sampai pada tampilan logo saja. Kasus semacam ini jelas bisa membuat sebagian orang khawatir, khususnya bagi mereka yang tidak mengenal detail tentang masalah teknologi.

Pikirnya, membawa hp vivo bootloop ke tukang service ponsel adalah cara paling ideal untuk mengatasi masalahnya. Namun dalam kenyataannya, sebenarnya itu tidak perlu ia lakukan. Cukup mencari artikel cara atasi vivo bootloop secara fix saja sudah bisa membuat ponsel miliknya normal kembali.

Ketahuilah, masalah ponsel bootloop tak hanya terjadi pada Hp Vivo saja lo. Banyak juga ponsel merek lain dari yang memiliki branding, harga termurah sampai mahal, bisa saja mengalami kasus semacam ini.

Jadi apabila sobat punya hp vivo bootloop, sebaiknya tak perlu bersedih dulu ya. Apalagi hingga berpikir menyesal telah membeli hp Vivo, sebaiknya buang pemikiran semacam itu. Lagian, bukan merek hp vivo saja lo yang mengalami bootloop. Produk ponsel android seperti Xiaomi, infinix, Oppo, Samsung, Nokia dan brand lainnya juga bisa menerima problem sama. Lantas seperti apa cara memperbaiki hp vivo bootloop tersebut? Yuk simak tutorial lengkap berikut!

Cara Memperbaiki HP Vivo Bootloop

Jika punya hp vivo bootloop atau stuck hanya menampilkan logo saja, jangan terburu-buru membawa ke tukang service ya. Lebih baik pahami lalu ikuti setiap instruksi cara memperbaiki hp vivo bootloop berikut:

1. Matikan Hp Vivo bootloop

Tahap pertama yang perlu kamu lakukan ialah mematikan ponsel baik itu lewat cara menekan tombol power atau secara paksa. Tidak semua vivo bootloop dapat dimatikan lewat tombol power, alhasil cara mematikannya yaitu dengan melepas baterai pada Vivo. Setelah itu, segera pasang kembali baterai tersebut.

2. Tekan Power dan Volume lalu tahan secara bersamaan

Tujuan kita adalah masuk ke sistem recovery pada hp vivo bootloop. Itu berarti, tersedia 1 kemungkinan saat kamu menekan tombol power dan volume. Ya, antara volume atas atau bawah. Silahkan pilih yang sekiranya tepat karena tidak semua ponsel memiliki akses masuk ke recovery sama. Lebih jelasnya, ikuti instruksi cara membuka menu recovery di Hp Vivo berikut:

  1. Tekan volume up atau down.
  2. Tekan pula tombol power.
  3. Lakukan langkah no 1 dan 2 secara bersamaan.
  4. Lalu tunggu beberapa saat sampai terlihat halaman fastboot mode.
  5. Pilih opsi menu recovery mode.
  6. Selesai.

3. Hapus Data Dengan Mengakses Wipe Data

Saat mengakses menu ini di mode recovery, itu artinya sama pula dengan mereset-nya agar sistem pada vivo bootloop kembali ke default. Oleh karenanya, ikuti setiap instruksi berikut untuk memulainya:

  1. Pada menu recovery, klik Wipe data.
  2. Klik Wipe cache partition.
  3. Ulangi dengan memilih Wipe cache partition.
  4. Klik OK.
  5. Ketuk Wipe data lalu ulangi sekali lagi.
  6. Tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai.
  7. Klik Ok.
  8. Ketuk opsi Back.
  9. Pilih menu Reboot System lalu tunggu sampai hp menyala.

Dalam hal ini, hp vivo bootloop kini sudah normal seperti sebelumnya dan tidak stuck menampilkan logo saja.

4. Setting Bahasa dan atur waktu di Hp Vivo

Proses wipe data ini akan merubah semua pengaturan kembali seperti semula. Bahkan chokies, cache dan berkas sampah lainnya akan terhapus seolah meninggalkan kesan dengan tampilan seperti hp vivo baru. Akibatnya, kamu harus mengatur waktu, bahasa maupun konfigurasi lainnya seperti sebelumnya saat baru pertama kali membeli vivo.

Stuck di Logo Vivo

Selain bootloop ada juga yang mengalami kenada stuck di logo vivo. akan kami berikan tips juga cara mengatasi hp yang stuck di logo Vivo. Sebagai pengguna smartphone, tentunya kita sering kali mengalami berbagai masalah teknis yang mungkin tidak kita mengerti. Salah satunya adalah masalah hp yang stuck atau hang di logo saat dinyalakan. Jika Anda adalah pengguna smartphone Vivo dan mengalami masalah ini, jangan khawatir. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah hp stuck di logo Vivo.

1. Restart Ulang HP Anda


Langkah pertama yang bisa Anda coba adalah dengan merestart ulang hp Anda. Tekan dan tahan tombol power sampai muncul opsi untuk restart. Pilih opsi restart dan tunggu prosesnya hingga selesai. Jika hp Anda masih stuck di logo Vivo, cobalah langkah berikutnya.

2. Masuk ke Safe Mode


Safe mode adalah mode di mana hp Anda hanya akan menjalankan aplikasi dan layanan sistem dasar. Untuk masuk ke safe mode, tekan dan tahan tombol power sampai muncul opsi power off. Tekan dan tahan opsi power off sampai muncul opsi untuk masuk ke safe mode. Pilih opsi tersebut dan tunggu prosesnya hingga selesai. Jika hp Anda masih stuck di logo Vivo, cobalah langkah berikutnya.

3. Lakukan Factory Reset


Factory reset adalah proses pengembalian pengaturan hp ke pengaturan pabrik. Hal ini akan menghapus semua data dan aplikasi yang ada di hp Anda. Untuk melakukan factory reset, matikan hp Anda. Kemudian tekan dan tahan tombol power dan tombol volume up secara bersamaan sampai muncul logo Vivo. Gunakan tombol volume untuk memilih opsi recovery mode dan tekan tombol power untuk memasukinya. Pilih opsi wipe data/factory reset dan tunggu prosesnya hingga selesai.

4. Flash Ulang Firmware


Jika langkah-langkah di atas masih belum berhasil, Anda mungkin perlu melakukan flash ulang firmware. Flash ulang firmware adalah proses penggantian sistem operasi hp dengan versi yang baru atau sama. Proses ini membutuhkan bantuan komputer dan software khusus. Jika Anda tidak yakin bagaimana cara melakukannya, sebaiknya bawa hp Anda ke pusat servis resmi Vivo.

5. Bawa ke Pusat Servis Resmi Vivo


Jika semua langkah di atas tidak berhasil, mungkin ada masalah hardware yang tidak bisa Anda atasi sendiri. Bawa hp Anda ke pusat servis resmi Vivo untuk mendapatkan bantuan profesional.

Demikianlah beberapa cara mengatasi hp stuck di logo Vivo. Semoga artikel ini bisa membantu Anda mengatasi masalah yang Anda alami. Ingatlah selalu untuk membuat backup data Anda secara rutin agar tidak kehilangan data penting jika terjadi masalah dengan hp Anda.

Kesimpulan

Dengan adanya tips cara memperbaiki hp vivo bootloop diatas, kami harap anda bisa terbantu dengan adanya tutorial yang bisa kami bagikan. Sudah seharusnya untuk menjaga ponsel kesayangan agar tetap bisa digunakan. Mengingat, ponsel pribadi adalah ponsel yang berharga. Dengan adanya tips sederhana diatas, kami harap bisa dijadikan referensi dan juga bisa mendapatkan hal hal keren lainnya yang menurut kami memang seharusnya untuk diketahui. Share apabila memang bermanfaat artikel ini ya! mungkin saja ada yang membutuhkan tips dan trik ini.

LihatTutupKomentar