8 Tips Diterima Kerja di Indomaret, Fresh Graduate Wajib Tahu!

8 Tips Diterima Kerja di Indomaret, Fresh Graduate Wajib Tahu! yuk dicoba lihat cara melamarnya!

 


Bagi para pencari kerja khususnya lulusan baru atau fresh graduate, tips diterima kerja di Indomaret wajib diketahui. Indomaret sendiri merupakan salah satu jaringan toko swalayan terbesar di Indonesia dengan cabang yang tersebar luas.

Dengan gerai retail yang sangat banyak, jelas menjadi peluang yang menjanjikan agar bisa cepat mendapat pekerjaan. Nah, bagi yang berencana melamar pekerjaan di Indomaret, simak berikut tips selengkapnya.

Tips Diterima Kerja di Indomaret 

Kebanyakan orang berminat untuk bekerja di Indomaret karena memiliki banyak keuntungan. Beberapa keuntungan yang dimaksud, mulai dari gaji yang baik, jam kerja fleksibel, serta kesempatan untuk berkembang dalam karier.

Namun, agar lolos seleksi saat penerimaan karyawan baru dan bisa bekerja di Indomaret tentu harus melalui proses yang tidak mudah. Untuk itu, ada beberapa tips agar diterima kerja di Indomaret yang bisa diterapkan, antara lain:

1. Buat CV dan Surat Lamaran Terbaik

Ketika berencana untuk melamar pekerjaan di Indomaret atau perusahaan mana pun, sudah seharusnya membuat CV atau data diri dan surat lamaran sebaik mungkin. Dengan membuat informasi data diri dengan lengkap dan sesuai, maka peluang untuk dipanggil interview semakin tinggi.

Jangan lupa juga untuk menyertakan berkas penunjang, seperti pas foto, fotokopi ijazah, Kartu Tanda Penduduk atau KTP, maupun surat berkelakuan baik dari kepolisian. Jika sudah lengkap, segera persiapkan diri jika memang memiliki kesempatan lolos ke tahap selanjutnya.

2. Persiapkan Diri dengan Sebaik Mungkin

Selanjutnya, tips agar diterima kerja di Indomaret adalah mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin. Persiapan diri perlu dilakukan, terutama jika yakin dokumen yang telah diajukan kepada pihak Human Resource Development atau HRD sudah memenuhi persyaratan.

Salah hal yang bisa dipersiapkan adalah berlatih interview dengan orang lain atau di depan cermin. Dengan berlatih wawancara, maka bisa membantu menambah rasa percaya diri dan mampu memilah kata-kata yang tepat untuk menjawab pertanyaan.

Saat pertama kali bertemu dengan pewawancara, biasanya kandidat perlu memperkenalkan diri, mulai dari nama, pendidikan, serta pengalaman kerja. Sementara untuk pertanyaan yang sering diajukan oleh HRD adalah kekurangan dan kelebihan dari diri.

3. Berpenampilan Sopan dan Rapi Saat Interview

Hal utama yang harus diingat saat ingin melamar pekerjaan di Indomaret atau tempat lain, yaitu berpenampilan sopan dan rapi. Biasakan untuk selalu memiliki pembawaan yang rapi saat tiba ke perusahaan tempat melamar kerja, khususnya sewaktu interview atau wawancara.

Untuk pakaian, kenakanlah baju yang bersih, rapi, dan sopan serta jangan lupa menggunakan wewangian atau parfum. Pastikan pula untuk selalu menggunakan sepatu yang bersih dan jangan pernah memakai sandal karena akan dianggap tidak sopan.

Bagi yang berhijab, kenakanlah dengan rapi dan hindari terlalu sering merapikannya di hadapan pewawancara. Sementara bagi yang wanita tidak berhijab dan laki-laki, perhatikan tatanan rambut dengan baik.

4. Pilih Posisi Sesuai Kemampuan

Tips agar diterima kerja di Indomaret berikutnya, yakni pilihlah posisi sesuai dengan keahlian atau kemampuan yang dimiliki. Setiap lowongan kerja yang tersedia harus diperhatikan dengan baik agar tidak keliru saat membuat surat lamaran.

Karena itu, saat melamar pekerjaan di Indomaret, usahakan memilih posisi yang tepat. Perhatikan pula berbagai kriteria yang sudah diberikan dan jangan sampai melamar pekerjaan yang tidak sesuai dengan skill atau kemampuan.

Sebab, bekerja sesuai bidang keahlian tentu bisa membuat hasil yang didapatkan menjadi lebih maksimal. Sebelum memilih posisi, pastikan diri sendiri untuk siap bekerja dengan baik dan pahami kultur yang dimiliki oleh lingkungan pekerjaan.

5. Datang Wawancara Tepat Waktu

Salah satu cara agar diterima kerja di Indomaret, yakni datang wawancara lebih awal atau tepat waktu. Pastikan untuk datang saat sesi interview dengan waktu lebih awal dari jadwal seharusnya agar bisa mempersiapkan diri.

Selain itu, datang lebih awal juga bisa menjadi nilai plus bagi diri sendiri dan tentu akan dianggap disiplin oleh pewawancara. Jika saat sesi interview tidak terlambat, maka kemungkinan akan selalu datang tepat waktu ketika sudah bekerja nantinya.

Saat menjalani interview, perhatikan pula berbagai hal, seperti menjawab segala pertanyaan yang diberikan pihak pewawancara dengan lancar dan tegas. Jawaban yang tidak memiliki keragu-raguan juga bisa menjadi point tambahan bagi para pelamar untuk bisa lolos ke tahap selanjutnya.

6. Berlaku Santun

Bersikap sopan dan santun menjadi salah satu cara agar diterima kerja di Indomaret. Hal ini perlu dilakukan agar lebih dihargai selama proses melamar kerja berlangsung. Pastikan untuk selalu bersikap santun, mulai dari tahap memberikan surat lamaran, proses interview, hingga masa percobaan.

Perlu diketahui, sikap santun menjadi hal khusus yang harus dimiliki oleh setiap karyawan di Indomaret. Sikap tersebut mencakup senyuman yang ramah kepada pelanggan, nada bicara lembut, dan mengucapkan terima kasih, maaf, atau tolong.

Pada dasarnya, berlaku santun juga harus diterapkan ketika melamar pekerjaan di bidang lain. Sebab, berlaku baik secara sikap dan tutur kata akan membuat diri dipandang sebagai sosok yang tepat dan bisa menghargai orang lain.

7. Ikuti Pelatihan Sesuai Peraturan

Apabila sudah melewati tahap wawancara, maka selanjutnya akan memasuki fase pelatihan atau training. Biasanya, pelatihan perlu dilakukan sebab merupakan kegiatan pembekalan materi mengenai hal-hal yang harus dilakukan di gerai.

Tak hanya itu, calon karyawan nantinya juga akan mengetahui apa saja yang tidak boleh dilakukan saat bekerja. Agar bisa lolos pelatihan, wajib untuk mematuhi seluruh peraturan yang berlaku.

Bagi calon karyawan, pastikan selalu bersikap yang sopan, baik perilaku maupun perkataan saat berbicara. Hal paling penting sebagai salah satu penilaian yang perlu diingat adalah jangan sampai telat datang selama pelatihan berlangsung.

8. Jalani Masa Training dengan Baik

Setelah lolos di tahap interview, calon karyawan Indomaret harus menjalani masa percobaan atau training. Saat inilah, orang yang telah lulus wawancara akan diuji dan berlatih menjadi seorang staf sesungguhnya.

Karena itu, tips agar bisa diterima kerja di Indomaret selanjutnya adalah pastikan untuk menjalani masa training dengan baik. Biasanya, calon karyawan Indomaret harus melewati masa percobaan dengan ketentuan tertentu terlebih dahulu.

Apa Saja Kelebihan Bekerja di Indomaret?

Saat bekerja di suatu perusahaan, tentu terdapat kelebihan-kelebihan yang menjadi bahan pertimbangan orang untuk melamar. Begitu pula dengan Indomaret yang memiliki banyak kelebihan, salah satunya tempat kerja nyaman karena bersih dan ruangan dilengkapi dengan Air Conditioner atau AC.

Selain itu, bekerja di Indomaret juga unggul dari segi gaji, yakni menyesuaikan Upah Minimum Kabupaten/Kota atau UMK dan dapat bertambah tergantung jabatan. Keuntungan lain menjadi karyawan di Indomaret adalah tunjangan atau tabungan hari tua, BPJS ketenagakerjaan, serta kerap mendapat diskon belanja.

Karena itu, tips diterima kerja di Indomaret harus benar-benar diperhatikan agar bisa menjadi karyawan tetap di perusahaan satu ini. Apabila gagal dalam tahap melamar kerja, jangan pernah putus asa dan tetap berusaha agar mendapatkan kesempatan di lain waktu. Untuk loker area Jabodetabek sendiri Indomaret ada lowongan kerja atau tempat lowongan kerja Indomaret di career.indomaretgroup.com bagian jobs. Jadi bisa dilihat lagi karir karir terbaik yang ada di Indomaret untuk anda coba lamar.


Kesimpulan

Dari tips diterima kerja di Indomaret yang sudah kami bahas diatas tadi, kami harap bisa anda jadikan referensi agar bisa mendapatkan pengalaman dan juga pertanyaan atas jawaban yang anda cari selama ini. Dengan adanya tips diterima kerja di indomaret juga bisa dijadikan titik acuan oleh anda, agar anda bisa mendapatkan informasi bermanfaat. Demikian informasi yang bisa disampaikan oleh anda semua, kami harap bisa membantu anda dalam mendapatkan informasi bekerja di Indomaret tentunya.

LihatTutupKomentar