Inilah Cara Perawatan Wajah Yang Benar

Inilah Cara Perawatan Wajah Yang Benar yang bisa anda ketahui

 


Untuk urusan kulit wajah, seringkali manusia menginginkan hasil yang instan. Itulah mengapa produk dengan kandungan merkuri atau zat kimia berbahaya masih saja bisa laris di pasaran. Banyak juga yang berharap mendapatkan hasil instan lewat pemakaian produk secara berlebihan. Padahal, kulit memiliki durasi tersendiri untuk beregenerasi.

Cara terbaik untuk merawat kulit wajah adalah dengan melakukan perawatan yang sesuai. Selain menggunakan bahan atau produk yang tepat, intensitas dan kadar penggunaannya juga perlu diperhatikan. Berikut ini hal-hal yang tidak baik untuk dilakukan terlalu sering atau secara berlebihan demi kebaikan kulit wajah. Catat, ya!


Cara Perawatan Wajah

1. Eksfoliasi

Penggunaan scrub untuk pengangkatan sel kulit mati memang diperlukan, namun keseringan melakukan eksfoliasi adalah sebuah kesalahan. Menganggap kulit akan lebih cepat bersih dan cerah dengan penggunaan scrub secara intens adalah pemahamanan yang keliru. Nyatanya, butiran scrub yang kasar akan melukai kulit bahkan menyebabkan iritasi.

 

Lakukan eksfoliasi beberapa kali saja dalam seminggu, dan lakukan lebih jarang lagi ketika memasuki musim dingin atau musim hujan. Jangan pakai scrub pada wajah yang sedang berjerawat karena butiran scrub akan melukai jerawat dan menimbulkan iritasi.

 

2. Mencuci wajah dengan sabun 

Ini merupakan cara merawat wajah yang mungkin tidak kamu ketahui sebelumnya. Terlalu sering mencuci wajah dengan menggunakan sabun juga tidak baik. Pasalnya, minyak alami yang diproduksi wajah masih dibutuhkan untuk menjaga kelembaban kulit. Dengan keseringan mencuci wajah, wajah hanya akan terasa bersih dan lembab sesaat, kemudian menjadi kering sebab seluruh minyak di wajah habis terangkat. Hal ini dapat menimbulkan wajah rentan mengalami kerutan atau muncul sisik. Batasi penggunaan sabun muka hanya dua sampai tiga kali saja dalam sehari, ya! Manfaatkan susu atau cairan pembersih untuk mengangkat riasan atau kotoran yang menempel di wajah daripada menggunakan sabun muka terlalu sering.

 

3. Penggunaan air hangat

Air hangat memang dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dan membuat tubuh lebih rileks. Akan tetapi, keseringan memakai air hangat untuk mandi atau mencuci wajah sehari-hari dapat membuat kulit menjadi kering dan tidak sehat.

 

Baiknya, gunakan air dengan suhu ruang untuk keperluan perawatan kulit sehari-hari. Dan apabila merasa harus menggunakan air hangat setiap hari, pastikan anda mengimbanginya dengan pemakaian pelembab dan gunakan air dingin dalam bilasan terakhir.

 

4. Pelembab wajah

Pelembab memang menjadi hal penting yang diperlukan kulit untuk perawatan sehari-hari. Namun, pemakaian pelembab wajah yang terlalu sering dan terlalu banyak ternyata dapat menimbulkan milia, lho. Milia adalah bintik-bintik kecil berwarna putih yang biasa tumbuh di sekitar mata, dan merupakan tumpukan sel kulit mati yang terperangkap bawah kulit. Pakai pelembab wajah sewajarnya dan berikan kesempatan pada kulit untuk bernafas, ya!


5. Menyentuh wajah

Kebiasaan menyentuh wajah setiap waktu adalah sesuatu yang perlu dihindari bila ingin segera membebaskan diri dari berbagai masalah kulit seperti jerawat dan komedo yang membandel. Kecuali bila anda selalu mencuci tangan dengan sabun sampai bersih setiap hendak menyentuh wajah, maka akan sah-sah saja. Namun nyatanya, kita seringkali tanpa sadar menyentuh wajah dengan jari-jari tangan yang kotor, meski tak terlihat secara kasat mata. Akibatnya, bakteri dan kotoran yang menempel di tangan jadi berpindah ke kulit wajah. Ini juga yang menyebabkan jerawat tak kunjung sembuh. Jadi, belajar menahan diri untuk menyentuh kulit wajah sembarangan ya!


Apabila bermanfaat bisa anda share langsung ya artikel ini. Karena mungkin saja banyak orang orang yang tak tahu dengan perawatan wajah ini. So, maka dari itu berbagi artikel ini agar orang yang lain tahu dengan bagaimana cara perawatan wajah yang baik dan benar.

LihatTutupKomentar