5 Cara Merawat Bibir Yang Baik Lengkap

5 Cara Merawat Bibir Yang Baik Lengkap dapat anda coba ketahui dalam artikel ini.

 


Informasi 5 Perawatan Bibir untuk Mencegah Bibir Hitam dan Kering akan skipnesia bagikan kali ini. Pernahkah anda mendapati kondisi bibir anda kering dan pecah-pecah? Apakah bibir anda tampak pucat, atau bahkan berwarna gelap? Kondisi tersebut menandakan keadaan bibir yang kurang sehat. Atau, bisa juga menunjukkan bahwa kondisi tubuh anda juga sedang tidak prima.

Ada tipe-tipe orang yang amat cuek dengan kondisi bibirnya sehingga ia terbiasa dengan kondisi bibirnya yang selalu kering dan pecah-pecah, ada juga yang terlalu perhatian dengan keadaan bibirnya sehingga ia tak pernah melewatkan hari tanpa memakai lipstik atau pewarna di bibirnya. 


Perawatan Bibir untuk Mencegah Bibir Hitam dan Kering

Kondisi bibir yang sehat adalah yang dalam keadaan normal, bibir tampak lembab, halus, dan warnanya merona. Sedangkan beberapa keadaan kurang sehat yang seringkali dijumpai adalah bibir yang super kering, pecah-pecah, hingga yang berwarna gelap.

Kondisi yang kurang sehat pada bibir terjadi karena beberapa faktor, dan yang paling utama yaitu sebab paparan sinar UV yang merusak. Kemudian, kebiasaan merokok, dan penyebab lain yang paling memungkinkan yaitu seringnya memakai lipstik terutama yang berjenis matte, atau yang terbuat dari bahan pewarna sintetis. Kebiasaan tidur malam tanpa membersihkan lipstik yang menempel terlebih dahulu juga tidak baik, lho.

Untuk menjaga kesehatan bibir, tentunya anda harus mengurangi hal-hal yang paling banyak menyebabkan kerusakan pada bibir di atas. Adapun untuk merawat bibir sehari-hari, caranya adalah sebagai berikut:


Perawatan Bibir

1. Perbanyak minum air putih

Selain menyehatkan tubuh, konsumsi air putih yang cukup juga dapat membantu melembabkan bibir. Bibir yang sering kering atau sering terserang sariawan bisa jadi disebabkan oleh dehidrasi. Untuk itu, pastikan anda minum cukup air setidaknya delapan gelas dalam sehari untuk menjaga kondisi bibir.

 

2. Jangan memaksa mengelupas kulit bibir

Kulit bibir akan selalu beregenerasi secara berkala. Ketika kulit bibir beregenerasi dan terjadi pengelupasan yang belum sempurna, banyak orang yang merasa gemas untuk mengelupasnya sendiri. Alhasil, bibir jadi terluka dan berdarah. Bila anda salah satu yang terbiasa melakukan ini, ada baiknya anda mengompres bibir dengan handuk yang sudah dibasahi air hangat, kemudian menggosoknya dengan lembut dalam gerakan memutar. Cara ini akan membantu mengelupaskan bibir dengan lebih baik.

 

3. Kurangi makanan yang terlalu panas dan pedas

Mengkonsumsi buah dan sayuran yang kaya akan vitamin akan bermanfaat bagi tubuh. Namun, di sisi lain anda juga harus memperhatikan keadaan dari hidangan yang anda makan. Bila anda terbiasa mengonsumsi makanan yang panas dan pedas, ini bisa berimbas buruk pada kondisi bibir anda. Maka, batasi diri anda.

 

4. Jangan menggigit atau menjilat bibir

Dua hal ini akan membuat bibir kering dan pecah-pecah. Untuk itu, kurangi kebiasaan ini dan rutinkanlah pemakaian lip balm untuk membuat bibir lebih lembab tanpa perlu sering-sering membasahinya dengan air liur yang hanya akan memberikan efek buruk. 


5. Pakai masker bibir

Masker untuk bibir bisa dibuat dengan bahan-bahan alami atau menggunakan produk-produk instan. Masker bibir ditujukan untuk menutrisi dan melembabkan kulit bibir. Adapun penggunaan scrub atau eksfoliator untuk bibir sebenarnya tidak begitu diperlukan, sebab kulit bibir akan beregenerasi secara otomatis. Namun jika anda berniat melakukan eksfoliasi, gunakan scrub yang berbahan lembut dan oleskan pelembab bibir setelahnya. Semoga informasi perawatan bibir untuk mencegah bibir kering dan hitam ini bermanfaat.

LihatTutupKomentar